Cari Blog Ini

Memuat...

Rabu, 21 Desember 2011

ORKES GAMBUS BYNAZZIK NGANJUK




Utuk mengawali perkenalan dari kami,,barangkali anda tidak tau apa sih orkes gambus itu. maka dari itu kami memberi sedikit ulasan tentang orkes gambus itu sendiri...berikut ulasannya... CEKIDOT............!!!!!
Orkes Gambus dahulu dikenal dengan sebutan irama Padang Pasir. Pada tahun 1940-an orkes gambus menjadi tontonan yang disenangi. Bagi orang Betawi, tanpa nanggap gambus pada pesta perkawinan atau khitanan dan sebagainya terasa kurang sempurna. Menurut Munif Bahasuan, orkes gambus sudah ada di Betawi sejak awal abad ke-19. Saat itu banyak imigram dari Hadramaut (Yaman Selatan) dan Gujarat datang ke Betawi. Jika walisongo menggunakan gamelan sebagai sarana dakwah, imigram Hadramaut menggunakan gambus.
           Peralatan musik gambus bervariasi, tapi yang baku umumnya terdiri dari gambus, biola, dumbuk, suling, organ atau akordion, dan marawis. Awalnya orkes gambus membawakan lagu dengan syair bahasa Arab, seperti Lisaani Bihamdillah, Yamalaakal Hub, Solla Rabbuna, Asyraqal Badrui dan Syarah Dala. Kemudian gambus berkembang menjadin sarana hiburan. Ia juga biasa digunakan untuk mengiringi tarian Japin yang biasa ditarikan oleh laki-laki berpasangan.
Orkes gambus tidak bisa dipisahkan dari Syaikh Albar dari Surabaya dan SM Alaydrus. Kedua orang ini merupakan musisi gambus terkenal pada era 1940-an. SM Alaydrus berhasil mengembangkan orkes harmonium yang pada erac1950 menjadi orkes Melayu. Syech Albar mempertahankan tradisi gambus. Sampai 1940-an lagu gambus masih berorientasi ke Yaman Selatan. Setelah bioskop Alhamra di Sawah Besar banyak memutar film Mesir, lagu gambus berorientasi ke Mesir. Sehingga nama Umi Kaltzoum, Abdul Wahab, dan Farid Alatras terkenal dan lagu-lagunya ditiru.
Sampai era 1950-an orkes gambus makin terkenal. Orkes gambus mengisi siaran di RRI tiap malam Jumat. Dua grup yang selalu tampil di RRI adalah Orkes Gambus Al-Wardah pimpinan Muchtar Lutfie dan Orkes Gambus Al-Wathan pimpinan Hasan Alaydrus. Pada era 1960-an orkes gambus mulai menurun pamornya. Politik Demokrasi Terpimpin melarang kesenian yang berbau asing. Di era 1990-an orkes gambus mulai bangkit kembali.di Indonesia. Malah sempat diadakan lokakarya musik gambus pada 1997 meski hasilnya belum menggembirakan.
Tokoh musik gambus di Jakarta yang cukup terkenal adalah Husnu Maad K.H. Zainal Abidin Alhadad dan Zein Alhadad. Salah satu grup yang terkenal saat ini adalah Arrominiah pimpinan H. Hendy Supandi.
Sehubungan semakin banyaknya respon yang positif dari masyarakat dengan adanya Orkes Gambus. Kami dari Orkes Gambus Bynazzik ,,SALAH SATU  ORKES GAMBUS TERBAIK SE-JAWA TIMUR yang mana beralamatkan di Dsn.Wonosari Ds.Sumberkepuh Kec.Tanjunganom Nganjuk bermaksud untuk bisa  melayani permintaan masyarakat dalam berbagai acara untuk memberikan hiburan yang bernuansa Islami.
SUSUNAN PERSONALIA:
Manager                  : Muhajir
Vokal                         : Rizal Al Vian
Vokal                         : Arif Zamzamy                     
Gitar Gambus         : Ahmad Mahattir
Keyboard                 : Joko Purnomo             
Biola                          : Muslim El Zafin              
Guitar Bass              : Eko Boediono     
Dumbuk                   : Imit Assalam         
Tam-tam                  : Buchory Bynazzik         
Tamborin                 : Amin Thohari      
Marawis 1                : Djoko Priyono         
Marawis 2                : Aziz El-Manshur        
Demikian perkenalan dari Orkes Gambus Bynazzik, semoga anda Berkenan mengundang kami untuk menghibur anda semua dalam setiap hajatan anda……. Hehehehehehe…………..
                                                                                      
FANS ADDRESS.085233734077


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar